MEMBUAT PORTOFOLIO YANG MENARIK



Selamat datang kembali di blog saya

      Pada thread kali ini saya akan memaparkan tentang bagaimana cara membuat portofolio d yang menarik. Alasannya selain karena ini merupakan tugas perkuliahan namun juga sangat erat kaitannya dengan Arsitektur, Especially dalam teknik presentasi. Terlebih dahulu saya akan menjelaskan mengenai apa portofolio itu sendiri, jenis serta hal hal lain yang berkaitan dengan portofolio. Sebenarnya saya sendiri belum pernah membuat portofolio, maka dari itu disini saya akan mengambil sumber dari google sebagai referensi. Let’s Begin!!!….

Seperti apa yang saya tulis di atas, kita terlebih dahulu harus mengetahui apa itu portofolio secara umum, portofolio adalah kumpulan dokumen seseorang, kelompok, lembaga, organisasi, perusahaan atau sejenisnya yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Berdasar materi fisiknya portofolio terbagi menjadi 2 macam yaitu dalam bentuk digital dan dalam bentuk cetak.

portofolio cetak

portofolio digital

Adapun jenis dan macam macam portofolio bila dilihat dari bidang bidang tertentu: 
 1.    Portofolio dalam Bidang Keuangan
Pengertian portofolio di bidang keuangan adalah sekumpulan investasi yang dipunyai  oleh perusahaan ataupun korporasi tertentu.
2.    Portofolio dalam Bidang Manajemen dan Pemasaran
Dalam dunia pemasaran, istilah portofolio dipakai untuk menggambarkan sekelompok produk, jasa, ataupun merk yang akan ditawarkan kepada konsumen (biasanya perusahaan – perusahaan besar). 
3.    Portofolio dalam Bidang Politik dan Pemerintahan
sebagai pilar pemerintahan dan juga kewajiban menteri-menteri yang ada dalam kabinet, serta seluruh pejabat yang memegang kendali departemen yang ada di pemerintahan.
4.    Portofolio dalam Bidang Pendidikan
sebagai catatan ataupun berkas yang digunakan untuk menunjukkan pencapaian ataupun prestasi seseorang. 
5.    Portofolio dalam Bidang Seni
Di bidang seni, istilah portofolio memiliki arti sekumpulan bukti – bukti hasil kerja ataupun karya yang pernah dibuat oleh seorang seniman.

        Bagi teman-teman mahasiswa arsitektur (dan saya sendiri) portofolio berguna untuk kita yang baru akan mencari tempat magang atau baru lulus kuliah,. Menurut Gabriel Kogan seorang arsitek asal Brazil, mendapatkan pekerjaan di perusahaan arsitektur tidak hanya tergantung skill kita sebagai arsitek (atau mahasiswa arsitek). Cara kamu memperlihatkan skill kamu mengambil peranan penting melalui portofolio.
        
         Selanjutnya saya akan menunjukan bagaimana desain portofolio yang menarik, disini saya akan menggunakan referensi portofolio untuk presentasi arsitektur.

Terstruktur

Struktur yang jelas, layout di arahkan dari penjelasan yang bersifat umum dan makro menuju kepada yang lebih spesifik dan atau sebaliknya merupakan ciri dari portofolio yang baik. Setiap penjelasan penjelasan juga bersifat terstruktur dalam rupa urutan urutan transformasi dan analisis. Umumnya di kemas dalam bentuk diagram konsep arsitektur.
Orientasi, seting dan ukuran
Sebenarnya fleksibel tergantung dari kebutuhan panel presentasi, bisa lansekap atau potrait, ukurannya bisa ukuran kertas yang umum A3, A2 dan yang lainnya, dan atau bisa ukuran banner memanjang horizontal dan potrait.

Layout
Untuk lyout sendiri yang perlu diketahui bahwa secara umum berdasarkan sifat konten panel presentasi maka konten itu berbentuk 2 hal saja yaitu gambar dan tulisan. Gambar sendiri terbagi bagi lagi, bisa berupa 3d visualisasi, foto survey, peta atau mapping dan grafik grafik. Setelah mengumpulkan elemen elemen konten yang akan di tuangkan dalam panel, maka dengan mudah anda dapat membuat pola layout seperti pada gambar di bawah ini .
          Itulah beberapa penjelasan mengenai portofolio, dimulai dari pengertian sampai penerapan portofolio yang baik, jika disimpulkan maka dapat diambil bahwa portofolio merupakan hasil kerja dan pemikiran mengenai suatu proyek atau pekerjaan tertentu yang dikemas berupa layout yang berisi gambar dan tulisan yang biasa digunakan untuk presentasi.Demikian yang dapat saya paparkan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan apabila ada masukan ataupun komentar bisa ditulis di kolom komentar dibawah ini, Terimakasih.


referensi
http://adespo.com/blog/2016/02/02/tips-membuat-portofolio-arsitek/
http://www.lingkarwarna.com/2015/10/teknik-penyajian-portofolio-desain-arsitektur.html
http://www.lingkarwarna.com/2015/10/portofolio-online-arsitektur.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK KOMUNIKASI DAN PRESENTASI ARSITEKTUR

RENDER COBA-COBA